Selamat Datang di Website Resmi Desa Aikmel  

PROGRAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN MENJAHIT

ADMIN DESA AIKMEL | 16 April 2021 09:51:27 | Video | 22 Kali

  (Aikmel, 15/04/2021) Covid-19 membawa dampak yang sangat besar bagi perekonomian dunia. Banyaknya perusahaan di tutup paksa karena bangkrut, PHK besar-besaran dimana-mana. Dampak juga dirasakan di Desa Aikmel, salah satunya berdampak pada warga yang dipulangkan dari luar negeri karena tidak dapat lagi bekerja akibat pandemic Covid-19. Akibatnya pengangguran semakin meningkat, dimana ibu-ibu rumah tangga tidak ada pemasukan selain dari hasil bekerja suami mereka saja. Untuk itu sangat diperlukan adanya pemberdayaan perempuan untuk menggali potensi atau kemampuannya. Tidak hanya yang sudah menikah, yang belum menikah bahkan janda pun sangat dianjurkan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mereka yang diharapkan mampu membantu menopang perekonomian keluarga.

   Seperti yang di katakan dalam situs web BAPPEDA DIY (2017). “Pemberdayaan perempuan adalah upaya pemampuan perempuan untuk memperoleh akses dan kontrol terhadap sumber daya, ekonomi, politik, sosial, budaya, agar perempuan dapat mengatur diri dan meningkatkan rasa percaya diri untuk mampu berperan dan berpartisipasi aktif dalam memecahkan masalah, sehingga mampu membangun kemampuan dan konsep diri”

   Pelatihan menjahit adalah salah satu cara pemberdayaan perempuan yang telah diadakan setiap tahun sejak tahun 2019 lalu , dengan jumlah peserta 30 orang. Sangat banyak warga yang ingin mengikuti pelatihan saat itu, namun terkendala jumlah kuota dan peralatan sehingga banyak warga harus berat hati menunggu untuk pelatihan pada tahun berikutnya. Benar saja, ketika pendaftaran pada tahun  2020 dibuka dalam jangka beberapa hari saja kuota peserta menjahit langsung habis terisi , namun hal ini terpaksa ditiadakan karena adanya pandemic covid-19 .

   Pelatihan menjahit di buka kembali pada hari Senin, 08 Maret 2021 lalu. Jumlah kuota Pelatihan menjahit tahun  ini ditambah menjadi 40 orang peserta  selama satu bulan yang dijadwalkan setiap siang  pukul 14.00. Antusias para peserta pelatihan sangat luar biasa, terlihat dari peserta yang selalu datang setiap pagi untuk mengulang pelajaran yang telah didapat pada hari sebelumnya.

   Perkembangan peserta pelatihan sangat cepat, dihari pertama tidak lagi belajar menjahit lurus tetapi langsung ketahap pembuatan masker dan selang beberapa hari kemudian belajar  membuat khimar yang berlanjut untuk pembuatan gamis yang nantinya akan digunakan sendiri oleh peserta pelatihan.

    Setelah sebulan pelatihan, penutupan pun di adakan pada hari Jumat, 09 April 2021 yang tentunya ditutup langsung oleh bapak Pjs. Kepala Desa Aikmel bapak Burhanuddin Jafar, S.AP dan beberapa perangkat desa lainnya.Penutupan dengan pemberian hadiah bagi peserta dengan jahitan ter rapi, design terbaik dll. Dan tentunya pembagian sertifikat lulus menjahit dari Desa Aikmel. Sangat diharapkan dengan mengikuti pelatihan menjahit ini akan memberikan manfaat bagi para peserta baik untuk diri sendiri atau pun menjadi lahan untuk mencari rejeki.

  

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Back Next

Wilayah Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jln. TGH. Jamaludin Desa Aikmel Kecamatan Aikmel
Desa : Aikmel
Kecamatan : Aikmel
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83653
Telepon :
Email : aikmeldesa2019@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung