HACKED BY JUST R PADANG SYSTEM ERROR

Artikel

Literasi Islam dan Lingkungan dari Mahasiswa KKN Tematik IAIH Hamzanwadi NW Lombok Timur

18 Januari 2023 14:02:46  ADMIN DESA AIKMEL  194 Kali Dibaca  Berita Desa

Aikmel, 18 Januari 2023 - KKN Tematik adalah media yang efektif dan edukatif dalam bentuk tugas wajib mahasiswa untuk melengkapi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perguruan tinggi akan menerjunkan mahasiswa-mahasiswa yang sudah di tengah semester untuk menjalankan media tersebut. Dari kegiatan KKN Tematik ini, mahasiswa dikerahkan dan diwajibkan menangkap permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, sumber daya yang akan di kembangkan dan aspirasi serta harapan yang diimpi-impikan masyarakat. Dalam proses kegiatan inilah akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan memberi, saling asah, saling asih dan asuh antar mahasiswa dan mahasiswa serta dengan masyarakat.

Setelah itu barulah mahasiswa-mahasiswa yang bertugas menjalankan beberapa program yang relevan dengan hasil survei atau interasi tersebut.

Pada tanggal 9 Januari 2023, beberapa kelompok mahasiswa KKN Tematik dari IAIH Hamzanwadi NW Lombok Timur dilepas-terjun ke masyarakat dari beberapa daerah atau desa. Salah satu dari kelompok itu dilepas di Desa Aikmel, Kecematan Aikmel, Lombok Timur, NTB. Pada hari itu juga berlangsunglah proses penerimaan mahasiswa KKN Tematik tersebut oleh Pemerintah Desa (Pemdes) di Aula Kantor Desa Aikmel.

Acara penerimaan mahasiswa KKN Tematik berlangsung kondusif. "Setelahnya (acara penerimaan) kamipun menawarkan program-program yang akan dijalankan selama dua bulan KKN Tematik tahun ini," ungkap Muhammad Faizzun, Ketua Kelompok 11 KKN Tematik IAIH Hamzanwadi NW Lombok Timur 2023 di Desa Aikmel.

Tokoh nomer satu di Desa Aikmel, Ir. Sunarno Sabirhan mendengar langsung penjelasan mahasiswa KKN Tematik IAIH Hamzanwadi NW Lombok Timur mengenai program-program mereka.

"Program-program yang diusungkan sangat efektif dan efisien dengan keadaan masyarakat kita (Desa Aikmel), baik secara sosial, pendidikan, dan budaya," jelas Kepala Desa Aikmel.

Adapun programnya sebagai berikut:

Program 1

Program 2

Dari program itu mahasiswa dapat menumbuhkan literasi Islam dan Lingkungan di Desa Aikmel. "Menguatkan literasi Islam dan sadar akan isu lingkungan, begitulah harapan kami. Walaupun dua bulan durasi waktu KKN Temantik kami, isyaallah itu semua bisa terlaksana," harap Ketua Kelompok 11 KKN Temantik.

Dari kegiatan tersebut, Kasi Pelayanan Desa Aikmel Nisa Ariesta, S.Pd sangat apresiasi kegiatan-kegiatan edukasi mereka. "Dengan adanya kegiatan dari mereka (mahasiswa KKN Tematik IAIH Hamzanwadi NW Lombok Timur) masyarakat akan mendapatkan edukasi lieterasi yang sangat mendukung kegiatan-kegiatan masyarakat sehari-harinya," jelasnya.

Ketua Kelompok 11 KKN Tematik IAIH Hamzanwadi NW Lombok Timur mengungkapkan sudah beberapa program yang sudah berhasil dijalankan dari hari pertama di Desa Aikmel dan respon masyarakat sangat mendukung dan ikut menjadi partisipan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. TGH. Jamaludin Desa Aikmel Kecamatan Aikmel
Desa : Aikmel
Kecamatan : Aikmel
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83653
Telepon :
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.127
    Kemarin:1.736
    Total Pengunjung:374.758
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.131.109
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel