HACKED BY JUST R PADANG SYSTEM ERROR

Artikel

Bulan Juli 2023 Pemdes Aikmel Menerima Dua Kelompok Mahasiswa dari Dua Kampus Berbeda

17 Juli 2023 15:33:40  ADMIN DESA AIKMEL  154 Kali Dibaca  Berita Desa

 

Aikmel, 17 Juli 2023 - Bulan Juli ini pemerintah desa (Pemdes) Aikmel menerima dua kelompok mahasiswa dari kampus yang berbeda. Kelompok pertama dari Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, membawa tugas dari kampus yang mereka sebut Kuliah Kerja Partisipatif (KKP).

Kelompok mahasiswa KKP UIN Mataram tahun 2023 melakukan tugas pra-akhir perkuliahan (kerja praktik lapangan) mereka di Desa Aikmel dengan mengaplikasikan tema "Pendampingan Desa Wisata dan UMKM Halal". Penerimaan kelompok mahasiswa KKP UIN Mataram 2023 Desa Aikmel tersebut diterima langsung oleh Kades Desa Aikmel, Ir. Sunarno Sabirhan pada hari Senin, 3 Juli 2023.

Dalam penjelasan Kepala Pusat Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) UIN Mataram M Liwa Irrubai, KKP sebagai mata kuliah wajib sebelum mahasiswa menyentuh tugas akhir, yakni SKRIPSI. KKP agak berbeda dengan KKN. Irrubai menerangkan bahwa KKP lebih menguatkan aspek paradigmatik pendekatan metodologis dengan mengedepankan kepada upaya ke arah terjadinya transformasi sosial.

Dengan kata lain, jika diambil pengertiannya dari kata partisipatif, KKP lebih mendorong mahasiswa yang bertugas menjadi partisipasi atau pendamping di dalam desa.

"Mahasiswa memang mempunyai satu program inti yang menyangkut dengan tema KKP dari kampus, namun kita (kelompok mahasiswa KKP) lebih membantu atau terlibat menjadi partisipasi program desa," ungkap Ketua Kelompok KKP UIN Mataram 2023 Desa Aikmel, Muhamad Rudy.

Oleh sebab itu, KKP UIN Mataram Desa Aikmel mempunyai program edukatif yang diberikan oleh pihak Pemdes Aikmel, diantaranya: Ngobrol Pintar (NGOPI), pendataan respown masyarakat terhadap sampah, dan Edukasi Camp.

Di luar dari program yang diberikan oleh Pemdes Aikmel, Mahasiswa KKP UIN Mataram 2023 Desa Aikmel mempunyai program khusus, yakni pendataan UMKM Halal di wilayah Desa Aikmel dan menjadi pendidik di beberapa TK Desa Aikmel.

Sementara itu, pada hari Senin, 17 Juli 2023, Pemdes Aikmel menerima lagi kelompok mahasiswa KKN dari STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani. Kelompok KKN tersebut berjumlah 10 orang. Mereka mengerjakan tugas KKN-nya dengan membawa tema "Penguatan Administrasi Masyarakat Desa, Menuju Desa Digital".

Seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada umumnya, kelompok KKN STIMK Syaikh Zainuddin NW Anjani 2023 Desa Aikmel membawa beberapa program dari kampus sesuai dengan tema tersebut.

Program yang paling difokuskan oleh kelompok KKN tersebut berupa penguatan administrasi desa. Selain itu, mereka juga melakukan pengabdian kepada masyarakat, seperti gontong royong dan mengikuti tradisi spiritual lokal seperti yasinan mingguan di beberapa dusun Desa Aikmel.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. TGH. Jamaludin Desa Aikmel Kecamatan Aikmel
Desa : Aikmel
Kecamatan : Aikmel
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83653
Telepon :
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:650
    Kemarin:1.736
    Total Pengunjung:374.281
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.127.97
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel