HACKED BY JUST R PADANG SYSTEM ERROR

Artikel

KURANGI RESIKO STUNTING, PEMDES AIKMEL BAGI-BAGI PMT KEPADA IBU HAMIL SE-WILAYAH DESA AIKMEL

24 Maret 2020 22:08:27  Rabiatul Adawiyah  573 Kali Dibaca  Berita Desa

Beranjak dari masalah persebaran virus korona, sejenak perlu kita sama-sama mengingat kembali bahwa ada satu lagi masalah atau penyakit yang menjadi prioritas nasional saat ini yaitu STUNTING. Sekali lagi, stunting merupakan kondisi kekurangan gizi kronis pada tumbuh kembang anak dimana meyebabkan usia anak tidak sesuai dengan tinggi badannya. Hal ini tidak hanya disebabkan ketika anak sudah lahir ke dunia, melainkan pemantauan dan asupan gizi ketika hamil pun rentan menyebabkan stunting. Banyak yang perlu diperhatikan oleh ibu-ibu hamil terkait dengan bagaimana menjaga kehamilan, memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janin, yang semuanya jika diabaikan bisa menyebabkan komplikasi pada persalinan bahkan stunting.

Kehamilan menyebabkan meningkatnya metabolisme energi, karena itu kebutuhan energi dan zat gizi lainnya meningkat selama kehamilan. Peningkatan energi dan zat gizi tersebut diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, pertambahan besarnya organ kandungan, perubahan komposisi dan metabolisme tubuh ibu. Sehingga kekurangan zat gizi tertentu yang diperlukan saat hamil dapat menyebabkan janin tumbuh tidak sempurna.

Status gizi pada ibu hamil penting untuk menentukan apakah seorang wanita dapat melewati masa kehamilannya dengan baik tanpa gangguan. Gizi yang diterima ibu hamil haruslah cukup, karena jika ibu hamil mengalami gizi kurang akan banyak komplikasi yang mungkin terjadi saat masa kehamilan. Ibu hamil kurang gizi akan menimbulkan dampak pada kesehatan janin dalam kandungannya.

Pada hari Senin, 23 Maret 2020 tepatnya pukul 08.00 WITA kemarin telah dilangsungkan kegiatan pembagian makanan tambahan kepada seluruh ibu hamil se-wilayah Desa Aikmel yang berlokasikan di Aula Kantor Desa Aikmel oleh Pemerintah Desa Aikmel. PMT yang diberikan berupa 5 kg beras ditambah dengan 15 butir telur. Jumlah ini memang tidak seberapa jika dibandingkan dengan kebutuhan selama masa kehamilan, tetapi tujuan dari Pemerintah Desa sebenarnya untuk memberikan pancingan serta memberikan kesadaran bahwa ketercukupan asupan gizi ketika hamil itu sangat penting sekali. Pemerintah Desa saja peduli, maka seluruh ibu hamil juga harus lebih peduli lagi terhadap kandungannya. Begitulah sekiranya pesan tersirat yang ingin disampaikan oleh Pemerintah Desa Aikmel kepada masyarakatnya, terlebih kepada seluruh ibu hamil.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. TGH. Jamaludin Desa Aikmel Kecamatan Aikmel
Desa : Aikmel
Kecamatan : Aikmel
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83653
Telepon :
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:68
    Kemarin:279
    Total Pengunjung:371.475
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.127.60
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel