HACKED BY JUST R PADANG SYSTEM ERROR

Artikel

KKN STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani sedang Menyiapkan Administrasi Digital kepada Perpusdes Aikmel

04 Agustus 2023 16:55:50  ADMIN DESA AIKMEL  156 Kali Dibaca  Berita Desa

Aikmel, 4 Agustus 2023 - Sesuai dengan tema yang mereka bawa dalam tugas pengabdian kepada masyarakat, KKN STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani sedang menyiapkan administrasi digital untuk Perpustakaan Desa (Perpusdes) Aikmel. Administrasi digital ini nantinya akan membantu pengolaan perpusdes dan pengunjung perpusdes dalam berkegiatan di Perpusdes Aikmel.

"Konsep dan penggambaran bentuk administrasi digital sedang masih proses persiapan. Kita masih mempelajari beberapa aspek penting di dalam sistemnya," ungkap Ketua Kelompok KKN STMIK Anjani, Alfin Mardani.

Dari paparan ketua kelompok KKN STMIK Anjani, bahwa administrasi untuk pengunjung perpustakaan akan menggunakan barcode. Pengunjung akan me-scane barcode tersebut, lalu secara automatis muncul form pengunjung. Di sana lah pengunjung menulis data dan tujuan pengunjung.

"Ada dua program sih yang sebagai pilihan dalam mempromkan administrasi digital ini. Tapi yang kami pilih yang sederhana dan mudah, yakni bakalan menggunakan Google Form," ucapnya lagi.

Masih dalam penjelasannya, Google Form tersebut berfungsi sebagai motorik data, di mana data pengunjung akan disimpan di Googlesheets.

Googlesheets adalah sebuah perangkat lunak (softwere) yang berbasis webSesuai namanya, perangkat ini dikembangkan oleh Google sendiri. Adapun fungsinya untuk membuat tabel, perhitungan sederhana, atau pengolahan data.

Kemudian, lanjut Alfin, Googlesheets tersebut akan diarsipkan ke Google Drive milik email pribadi Perpusdes Aikmel. "Insyallah, kami akan membuatkan akun Google Sendiri untuk menghubungkan ke Google Drivenya," imbuhnya.

Harap KKN STMIK Anjani, untuk selanjutnya program administrasi digital milik Perpusdes Aikmel ini akan diiringi dengan pembuatan web site pribadi untuk menyimpan semua dokumen dan data milik perpustakaan.

"Adapun untuk kelanjutanyanya kita masi diskusi dan masih riset," tutupnya.***

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. TGH. Jamaludin Desa Aikmel Kecamatan Aikmel
Desa : Aikmel
Kecamatan : Aikmel
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83653
Telepon :
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:248
    Kemarin:279
    Total Pengunjung:371.655
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.126.250
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel