HACKED BY JUST R PADANG SYSTEM ERROR

Artikel

Perpusdes Aikmel Memperkenalkan Program Literasi Rumah Singgah ke Sekolah, Dewan Kesenian Lombok Timur Mengapresiasi

27 September 2023 17:36:54  ADMIN DESA AIKMEL  150 Kali Dibaca  Berita Desa

Aikmel, 27 September 2023 - Dalam memperdayai masyarakat Aikmel lewat pendidikan, Pemrintah Desa (Pemdes) Aikmel melalui Perpustakaan Desa (Perpusdes) Aikmel telah melaksanakan rapat sosialisasi Program Literasi Rumah Singgah di Aula Kantor Desa Aikmel pada pukul delapan pagi tadi.

Acara rapat sosialisasi itu dihadiri oleh peserta yang terdiri dari bapak/ibu guru perwakilan sekolah di seluruh Desa Aikmel, mulai dari TK sampai SMA, dan juga beberapa komunitas dari dalam dan luar Desa Aikmel. Mereka menyambut program literasi itu dengan repons positif.

Di kesempatan itu juga, Ketua Dewan Kesenian Lombok Timur Aswan Khalani, M. Sn berkesempatan memberikan sambutan untuk program yang diprogramkan oleh Perpusdes Aikmel itu. Dari sambutannya dia sangat bangga dengan adanya program itu.

"Program semacam ini adalah yang pertama di perpustakaan desa di Lombok Timur," ungkap Aswan.

Dia menerangkan bahwa, jika program Rumah Singgah ini berjalan dengan lancar akan menjadi project penting Pemdes Aikmel untuk mengembangkan SDM Desa Aikmel lewat jalur pendidikan.

"Ini akan menjadi wadah pemuda, pelajar, dan anak-anak untuk menjadi manusia unggul," imbuhnya.

Acara itu disambut juga dan dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Aikmel Ir. Sunarno Sabirhan yang dalam hal ini diwakili oleh Sekertaris Desa Putradi Zaki, S.I.Kom. Dari penyambutannya Zaki menyampaikan bahwa program ini adalah kegiatan literasi secara berkelanjutan pertama di pemerintahan Ir. Sunarno Sabirhan.

"Tentunya kami harap ini akan dilanjutkan dengan penuh semangat," Ucap Zaki.

Walaupun Kades Aikmel datang terlambat menghadiri acara tersebut karena ada beberapa kesibukan yang harus diselesaikan, dia sangat semangat menyambut adanya program Rumah Singgah itu. Dia menegaskan bahwa harus ada anggaran disiapkan nanti untuk program tersebut.

Acara tersebut adalah pembukaan sekaligus perkenalan program Rumah Singgah kepada pihak sekolah, yang nantinya akan mengarahkan peserta didiknya ikut di program tersebut.

Selain itu, yang hadir dalam acara tersebut adalah tutor dari salah satu kelas di dalam Rumah Sanggar, yakni penulis unggul dari Lombok Timur, Wahyu Nusantara Aji, S.Pd.

Adapun tentang program ini, adalah program literasi yang bertujuan mengembangkan lingkungan pendidikan di Desa Aikmel. Dalam Program ini ada tiga kelas yang dihadirkan, dan tiga kelas ini berisi kegiatan-kegiatan yang menjadi wadah para pelajar untuk mengembangkan kreativitasnya.

1. Rumah Menulis

Kelas ini bertujuan untuk mencetak penulis yang ada di daerah Aikmel. Itu sebabnya program kerja yang ada di kelas ini berupa mencetak buku karya peserta yang dilaksanakan satu kali dalam satu tahun, mengirimkan karya peserta ke media (cetak dan online), dan mengirimnya untuk ikut lombo dalam bidang menulis.

2. Rumah Baca

Berisi dengan kegiatan-kegiatan diskusi berupa diskusi publik dan bedah buku atau karya tulis lainnya. Kelas ini menjadi wadah dalam menambah dan mengembangkan wawasan atau pengetahuan peserta didik.

3. Rumah Ceria

Kelas ini dihadirkan khusus untuk anak-anak. Dalam kegiatannya anak-anak akan diajarkan tentang mendongeng, menggambar, menulis, berteater, dan ceramah. Kelas ini mengembangkan kognitif anak lewat kesenian dan agama.

Rumah Singgah ini masih membuka pendaftaran untuk masing-masing kelas. Untuk pengambilan dan pengantaran formulir pendaftarannya, silahkan ke Perpusdes Aikmel yang ada di Kantor Desa Aikmel.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. TGH. Jamaludin Desa Aikmel Kecamatan Aikmel
Desa : Aikmel
Kecamatan : Aikmel
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83653
Telepon :
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:445
    Kemarin:1.736
    Total Pengunjung:374.076
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.71.254.128
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel