HACKED BY JUST R PADANG SYSTEM ERROR

Artikel

Mahasiswa KKN-PMD UNRAM Desa Aikmel Ubah Limbah Ampas Tahu Menjadi Produk Pangan Inovatif

23 Januari 2024 08:37:11  ADMIN DESA AIKMEL  381 Kali Dibaca  Berita Desa

Aikmel, 23 Januari 2024 - menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), usaha adalah kegiatan yang melibatkan tenaga, pikiran, dan tindakan untuk mencapai tujuan tertentu. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, peningkatan jumlah penduduk yang signifikan telah menuntut pemerintah untuk mencari solusi terkait sumber pangan yang semakin menipis. Salah satu solusinya adalah dengan mendorong masyarakat untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam pengolahan pangan, serta memiliki wawasan yang baik untuk meningkatkan ekonomi lokal.

 

Desa Aikmel menjadi salah satu contoh desa yang telah memanfaatkan peluang ini dengan menjalankan berbagai Usaha Home Made berbasis UMKM, seperti produksi tahu mentah, tahu goreng, tempe, kerupuk tempe, kerupuk tahu, kerupuk tepung, dan kerupuk nasi.

 

Mahasiswa KKN Desa Aikmel telah melihat potensi ini dan memanfaatkan limbah dari produksi Home Made, yaitu ampas tahu, untuk diolah menjadi produk pangan yang inovatif seperti nugget. Selain itu, ampas tahu juga diolah menjadi tepung yang dapat digunakan untuk membuat brownies dan berbagai jenis kue lainnya.

 

Untuk memasarkan produk ini, mahasiswa KKN menggunakan berbagai platform media sosial seperti Instagram, Whatsapp, TikTok, dan Facebook, serta memanfaatkan website. Dengan menggunakan strategi pemasaran ini, mereka berharap dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan sekaligus membantu meningkatkan ekonomi lokal Desa Aikmel.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. TGH. Jamaludin Desa Aikmel Kecamatan Aikmel
Desa : Aikmel
Kecamatan : Aikmel
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83653
Telepon :
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:493
    Kemarin:1.736
    Total Pengunjung:374.124
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.130.84
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel