HACKED BY JUST R PADANG SYSTEM ERROR

Artikel

BLT DD 2023 Periode April sampai Mei Desa Aikmel Berlangsung Aman

08 Juni 2023 13:58:14  ADMIN DESA AIKMEL  127 Kali Dibaca 

Aikmel, Juni 2023 - Pada tanggal 6 Juni 2023, Pemerintah Desa (Pemdes) Aikmel, Kecematan Aikmel, Kab. Lombok Timur telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada 44 orang penerima.

Penerima bantuan yang bersumber dari DD tersebut masih diperioritaskan kepada penerima penerima pertama (31 Maret lalu). Hal itu berarti tidak ada perubahan untuk penerimaan kedua di tahun ini.

Adapun kriteria yang diprioritaskan mendapatkan bantuan tersebut diantaranya yakni pertama kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis atau difabel, keluarga yang tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan dan rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

Kegiatan penyaluran ini langsung dilakukan oleh bapak Kepala Desa Aikmel, Ir. Sunarno Sabirhan yang bersama lembaga desa, aparatur desa, pendamping desa, beserta Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Aikmel.

Dari penyampaian Kades Aikmel, Ir. Sunarno Sabirhan, bahwa tahun 2023 penerimaan BLT DD diprioritaskan kepada 44 penerima dengan karateria lansia atau jompo dan warga miskin disabilitas di wilayah Desa Aikmel.

"Dengan pengadaan bantuan ini, kami dari pihak pemerintah bisa membantu warga dan setidaknya meringankan beban mereka," ungkap Kades Aikmel.

Dijelaskan juga bahwa 44 penerima yang diperioritaskan adalah hasil dari kesepakatan Musyawarah Desa (Musdes) bersama semua lembaga desa yang ada di Desa Aikmel.

Adapun nominal yang diberikan kepada masing-masing penerima perbulannya adalah Rp.300.000 selama 12 bulan atau pertahunnya. Untuk bulan maret ini penerima menerima bantuan sejumlah Rp.900.000. Jumlah tersebut dari priode bulan Januari, Februari, dan Maret.

Tentu dengan kebijakan tersebut, penerima mengungkapkan perasaan bagianya saat menerima BLT DD ini. Hal itu karena meringankan beban kebutuhan sehari-harinya. Masing-masing penerima mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa atas bantuan yang mereka dapatkan.

Kebijakan ini mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa, yang didalamnya tertuang mengenai penyaluran BLT-DD.

BLT-DD adalah pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau tidak mampu di Desa yang bersumber dari Dana Desa untuk pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Besaran dana yang diberikan adalah Rp300.000 tiap bulannya selama 12 bulan bagi 31 KPM yang telah ditetapkan dan sudah memenuhi kriteria. Adapun kriteria penerima BLT-DD tahun 2023 adalah sebagai berikut:

Calon penerima BLT-Dana Desa adalah keluarga miskin baik yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maupun yang tidak terdata (exclusion error).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. TGH. Jamaludin Desa Aikmel Kecamatan Aikmel
Desa : Aikmel
Kecamatan : Aikmel
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83653
Telepon :
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:452
    Kemarin:1.736
    Total Pengunjung:374.083
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.127.64
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel